Travel the world

Post Page Advertisement [Top]

Kali ini blogger akan mengupas mengenai Geopark Kampung Batu Malakasari yang terletak di daerah Bandung Selatan, tepatnya di Banjaran, yang memang dijadikan tempat untuk penyelenggaran imtihan / acara perpisahan sekolah anak, di Gedung Teatrikal serba guna (Bale Seni budaya).




Berikut secuil sejarah dari tempat ini:
  • Bekas lokasi penambangan batu alam yang sudah di eksploitasi secara tradisional oleh masyarakat setempat sejak tahun 1900 yang silam
  • Reklamasi membentuk Geo Wisata pada tahun 2002 atas prakarsa Ir.H.Waryo sebagai pemilik lokasi,dibantu dengan ahli geofisika bernama Ir.Bambang, dilakukanlah renovasi kawasan yang tadinya berantakan dan tak terurus,dengan cara pertamanya yaitu dilakukan penimbunan tanah dan bebatuan ( reklamasi ) sehingga membentuk landscape wisata alam baru berupa Geo Wisata yang indah dan menarik.
  • Eko Wisata yang sangat besar, berdiri di atas lahan seluas 50.000 m2 dengan lahan terbuka hujau yang mencapai 70% luas kawasan, memiliki Danau yang menjadi pusat wisatanya yang mampu menampung puluhan ribu kubik air ini,juga terdapat kolam-kolam dan areal persawahan. Keindahan serta eksotisme danau buatan itu, dipercantik dengan ditanamnya berbagai jenis pohon dan tanaman disekelilingnya dengan berbagai pohon atau tanaman baru dan terbilang sangat langka seperti Sawo Durian, Sawo Wlanda, Bisbul atau apel beludru,disamping tanaman umumnya seperti pohon kelapa,Cemara,lengkeng sampai jambu air pun ada.
 5 Wahana Wisata yang bisa dinikmati :
1. Wisata Alam 
  • Geopark Bebatuan Raksasa
~ Foto di seberang Geopark 
 
  • Danau
dengan menaiki Perahu anda bukan hanya bisa sekedar menikmati suasana wisata kampung batu,akan tetapi dengan ditemani pemandu kampung batu, anda akan diberitahu tentang fungsi danau sebagai sebuah ekosistem,seperti tentang proses geologi terbentuknya bukit batu, yang berhubungan dengan proses terjadinya gempa bumi tektonik. 

  • Peternakan/Perikanan
Ngangon Meri/Beternak Unggas – nih,kegiatan yang satu ini pasti menarik,dimana pengunjung akan belajar tentang manfaat hewan unggas itik, ayam kalkun, ayam kampung, angsa, merak seperti bulu, daging, dan telurnya.kemudian kegiatan Mencari dan mengumpulkan telur itik serta kegiatan menantang lainnya adalah Praktek membuat telur asin dan telur boleh dibawa pulang.
Ada alternatif lain yaitu tangkap Belut/Wahana Sawah/ Tangkap Ikan
  • Perkebunan
Belajar Berkebun,kegiatan yang satu ini adalah belajar bagaimana cara  menanam berbagai tanaman yang biasa ditanam di kebun, Tanaman pertanian seperti, palawija, jagung, sayuran, buah-buahan dll, Tanaman hias seperti bunga dalam pot, buah dalam pot, dll, Tanaman Obat Pengamatan proses pembibitan, dan pembelajaran tentang Rumah Kaca (Green House) sebagai sarana pemanfaatan unsur abiotik (suhu dan cahaya) 


  • Pertanian/Persawahan
Belajar Bertani, Aktifitas yang satu ini pasti sesuatu yang tak pernah terbayangkan buat anda yang tinggal di perkotaan untuk dilakukan.Di wahana persawahan anda akan diajarkan cara bercocok tanam padi,mulai dari Praktek membuat garis tanam, dan menanam padi, Praktek merawat tanaman padi serta praktek membajak sawah secara tradisional sunda dengan menggunakan kerbau. 

    2. Wisata Kuliner
    - Food Court
    - Dapur Neng, makanan khas sunda yang bisa dinikmati di saung-saung pinggir danau dekat geopark batu raksasa
    ~ saung-saung jadi background foto ^_^



    3. Wisata Edukasi
    • Wahana Seni Budaya Sunda – wahana untuk mempelajari tentang semua yang ada di Kampung Batu Malakasari,seperti tata tertib pelaksanaan dan Doa bersama sebelum melakukan kegiatan, Pengarahan tentang Lingkungan hidup, dan cara memelihara Lingkungan hidup yang bersih dan sehat. Pengenalan seni budaya Sunda melalui kaulinan sunda
    • Rumah Adat Sunda – Pengenalan serta tempat belajar budaya sunda seperti mengenal Rumah Adat Sunda, dan bagian-bagiannya seperti Tepas, Leuit, Pawon, Hawu, Songsong, Seeng, Aseupan, Lisung, Halu, dsb,juga pengunjung akan belajar tentang menjaga kebersihan, dan kesehatan lingkungan rumah melalui pengolahan sampah, dan pemanfaatan halaman untuk bercocok tanam, dan beternak
    • Gedung Teatrikal serba guna ( Bale Seni budaya )– dipakai oleh rombongan pengunjung yang sudah menyiapkan acara sendiri,seperti untuk pertunjukan hiburan atau kegiatan-kegiatan lainnya. Disini biasanya diberikan wahana Melukis Layangan / Mewarnai Gypsum. Nah kali ini disinilah sekolah anak mengadakan acara imtihan/perpisahan sekolah.
     
    ~ bersama si kecil sebelum dia tampil ^_^
     

    4. Wisata Outbond
    - Rumah Pohon
    - Bola Lumpur
    - Kukuyaan
    - Jembatan Goyang (Sasak Gitek)
    - Aneka jembatan ( Burma Bridge, Loop Bridge )
    - Jaring laba-laba ( Cargo Net )
    - Flying FoX dengan panjang lintasan 120 meter melintasi danau
    - Panjat dinding

    Aneka Pilihan Paket Outbond bisa dilihat di bawah ini :

     

    *harga sewaktu-waktu berubah cek disini
     
    5. Wisata Waterpark
    Sesuai namanya Waterpark merupakan wahana air yang dikelilingi oleh bebatuan, yang seakan-akan merupakan tektona sebuah gunung. Dengan berbagai jenis kolam yang menarik diantaranya toots pool, kids pool, semi olimpic, kolam arus, dan kolam ombak. Bagi para pengunjung juga tidak usah khawatir karena tektona waterpark dilengkapi juga team lifeguard dan klinik kesehatan sehingga tetap aman dan nyaman.
      
     

    Alamat Kampung Batu Malakasari


    • Jalan Raya Banjaran (Rencong),Desa Malakasari
      Kec. Baleendah, Kab. Bandung Jawa Barat
      Telp: (022) 7259-1042 // (022) 594-7823

    Rute Jalan Ke Kampung Batu Malakasari


    • Untuk mencapai Kampung Batu Malakasari, lewatilah jalan Cisangkuy ke arah barat daya menuju ke Ranca Bungur. Setelah itu, masuklah Desa Malakasari. Dengan berkendara dari Jalan Cisangkuy, waktu yang Anda perlukan hanya lima menit.
    • Apabila dari arah Banjaran,anda tinggal lurus terus sampai anda menemukan petunjuk di pinggir jalan Kampung Batu Malakasari ( sangat mudah menemukan,apalagi dengan bertanya,pasti warga masyarakat di sepanjang jalur Banjaran akan mengetahui lokasi Tempat Wisata Di Bandung ini.

    Recommended : ⭐⭐⭐
    ==================================
    penulis : ikesukma
    referensi terkait : 

    http://kampungbatu.co.id;  
    http://tempatwisatadibandung.info/kampung-batu-malakasari/

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Bottom Ad [Post Page]

    | Designed by Colorlib